Pangan sebagai Hak Asasi

Pangan sebagai salah satu hak asasi manusia yang paling dasar telah diakui dalam berbagai peraturan hukum internasional dan nasional. Berbagai peraturan atau produk hukum yang mengakui hak tersebut diantaranya diatur dalam Komite Hak-hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya, (Sidang ke 20, Jenewa, 26 April – 14 Mei 1999), pasal 11 (Hak atas pangan yang layak), sedangkan secara nasional diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan.

Pemerintah dan masyarakat harus terus diingatkan akan besarnya konsekuensi yang akan ditanggung bila masalah kelaparan ini diabaikan. Kelangkaan pangan dan kelaparan akan menyebabkan permasalahan gizi yang selanjutnya akan sangat mengurangi produktivitas masyarakat dan produktivitas nasional. Kelaparan gizi khususnya bagi anak-anak, amat mengancam pertumbuhan fisik, psikis, dan kecerdasan mereka. Anak-anak yang menderita kelaparan gizi dalam waktu lama terancam menjadi “generasi yang hilang” (the lost generation).

Permasalahan kelaparan bukan hanya disebabkan oleh kekurangan bahan makanan. Tapi disebabkan buruknya distribusi dan pemerataan, atau dengan kata lain karena rendahnya akses (fisik, ekonomi, dan sosial) masyarakat, terutama kelompok masyarakat miskin terhadap pangan.

Organisasi-organisasi pangan serta organisasi keuangan internasional harus bekerjasama secara lebih efektif, sesuai dengan keahliannya masing-masing, dalam penerapan hak atas pangan pada skala nasional, sesuai dengan wewenang individual mereka. Selain itu, lembaga-lembaga keuangan internasional, khususnya Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, harus memberi perhatian yang lebih besar terhadap hak atas pangan dalam kebijakan pinjaman dan perjanjian kredit mereka serta dalam cara-cara penyelesaian internasional dalam hal terjadinya krisis hutang dalam rangka tetap melindungi hak atas pangan dan gizi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s